Jumat, 08 Januari 2016

TUGAS V-CLASS 1


1.   Apakah definisi dari telekomunikasi ?
Telekomunikasi adalah suatu pengiriman atau penyampaian infomasi untuk memberikan informasi kepada yang dituju dengan tujuan tertentu.
2.   Sebutkan media atau sarana yang bisa digunakan untuk komunikasi (tradisional  maupun modern) ?
Alat tradisional:
Ø surat
Ø telegraf
Ø kentongan
Ø telpon kaleng
Alat modern :
Ø computer
Ø hand phone
Ø radio
Ø internet
Ø telephone
3.   Sebutkan dan jelaskan saluran transmisi yang digunakan untuk berkomunikasi ?
A. Media transmisi guided adalah transmisi data yang menggunakan konduktor fisik, misalnya hub, bridge, dan switch.
B. Media transmisi unguided adalah media transmisi gelombang elektromagnetik /data tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. Contohnya adalah gelombang.

4.   Sebutkan dan jelaskan modulasi jenis-jenis modulasi analog ?
Modulasi analog adalah komunikasi yang mentransmisikan sinyal-sinyal analog yaitu waktu sinyal yang berada pada nilai aktif pada interval waktu yang terdefinisikan.
Macam- Macamnya:
Ø Amplitude modulation (AM)
Ø Frequency modulation (FM)
Ø Pulse Amplitude Modulation (PAM)
Amplitude modulation (AM) Modulasi jenis ini adalah modulasi yang paling sederhana, frekuensi pembawa atau carrier diubah amplitudonya sesuai dengan sinyal  informasi atau pesan sinyal yang akan dikirimkan. AM adalah modulasi dalam mana amplitudo dari sinyal pembawa (carrier) berubah  sesuai dengan amplitudo sinyal informasinya. 
Frequency modulation (FM) Modulasi Frekuensi adalah salah satu cara merubah Sinyal sehingga memungkinkan untuk membawa dan mentransmisikan informasi ketempat tujuan.

Pulse Amplitude Modulation (PAM) PAM adalah merubah amplitudo sinyal carrier yang berupa deretan pulsa, yang perubahannya mengikuti bentuk amplitudo dari sinyal informasi yang akan dikirimkan ketempat tujuanya. 

5.   Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis propagasi gelombang radio?
Propagasi Gelombang Langit adalah Gelombang langit diradiasikan oleh antenna ke lapisan ionosfir yang terletak di atmosfir bagian atas dan dibelokkan kembali ke bumi. Ada beberapa lapisan ionosfir yakni lapisan D , E, F1 dan F2, dimana keberadaannya di langit berubah-ubah menurut waktu, dan sangat mempengaruhi perambatan sinyal.
Propagasi Gelombang Langsung adalah Propagasi ini sinyal yang dipancarkan oleh antena pemancar langsung diterima oleh antena penerima tanpa mengalami pantulan, disebut Line Of Sight (LOS). Karena perambatannya harus secara langsung, maka di lokasi- lokasi yang antena penerimanya terhalang, tidak akan menerima sinyal (blocked spot).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar